Brilian, hanya itu kata yg bisa mengungkapkan strategi awal pemasaran vendor smartphone asal Tiongkok ini, pelan tapi pasti, Xiaomi penjualan Xiaomi mulai tumbuh di kawasan global . Mulanya, tidak sedikit yang memandang sebelah mata penjualan vendor asal Negeri Tirai Bambu tersebut berjalan tanpa hambatan di luar Tiongkok.Sekarang, kenyataannya langkah Xiaomi perlahan tapi pasti bisa menunjukkan penjualan produk global terus meningkat.
image source: google.com |
Hal tersebut juga disampaikan langsung oleh Hugo Barra, Vice President Global Xiaomi. Menurutnya, penjualan Xiaomi diseluruh dunia sangat memuaskan.
"Sepak terjang Xiaomi di industri dunia sangat menakjubkan. Sejauh ini, kami sudah puas dengan hasil yg sudah dicapai," kata Barra sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari laman Recode, Selasa (1/3/2016).
Barra juga mengatakan ada 3 negara yg akan jadi target utama pemasaran Xiaomi pada tahun 2016 ini. Ketiga Negara itu adalah Indonesia, India dan Brasil.
"Kami menganggap bahwa ketiga Negara tersebut adalah pasar paling potensial dan paling besar Xiaomi," lanjut Barra.
Walaupun demikian, hasil penjualan domestik di dalam negeri (Tiongkok) tetap menjadi pendapatan paling besar bagi Xiaomi saat ini. Selama dua tahun terakhir, India merupakan Negara pengguna terbesar Xiaomi diluar Tiongkok.
Sampai saat ini, pengiriman (ekspor) smartphone Xiaomi ke seluruh dunia telah mencapai angka lebih dari 70 juta unit smartphone.Hal tersebut masih jauh dari target yang telah ditetapkan untuk pengiriman global yang seharusnya mencapai 100 juta unit smartphone Xiaomi. Menurut Barra, hal itu bisa terjadi lantaran pelambatan penjualan unit Xiaomi yg kini tengah terjadi di Tiongkok.
Kalau dilihat rencana Xiaomi untuk lebih memilih focus untuk pemasaran di 3 negara yaitu Indonesia, India dan Brasil memang sebagai sebuah strategi pemasaran yg matang, mengapa? Di 3 negara itu populasi manusia terbesar di dunia berkumpul selain amerika dan Tiongkok sendiri, dan ini adalah kue yang sangat lezat yang tidak akan disia-siakan oleh Xiaomi begitu saja.
Selain itu harga yang ditawarkan Xiaomi juga bisa menjangkau daya beli di ke 3 negara tersebut dengan kemampuan smartphone Xiaomi yg tidak berbeda jauh spesifikasinya atau hampir sama dengan smartphone middle up lainnya.
Baiklah, kita akan lihat dan tunggu gebrakan Xiaomi di tahun ini apakah mampu menggedor dan mengganggu penjualan smartphone middle up lainnya. Kita akan lihat hasilnya nanti.
Inilah 3 Negara yang Akan Menjadi Pemasaran Utama Xiaomi
4/
5
Oleh
Unknown